Selasa, 05 Juli 2011

Tips Menghadapi Pemarah

Selasa, 05 Juli 2011

Bagaimana menjinakkan orang-orang yang menjengelkan

Nah kali ini saya akan memberikan tips-tips agar kita bisa menjinakkan orang-orang yang menjengkelkan...


Ada 12 spesies orang yang nyebelin, makan ati yang mungkin sering dihadapi oleh rekan BI sekalian. Namun untuk yang pemarah sendiri, ada 2 jenis orang pemarah namanya Si Tank dan Si Granat. Apa perbedaannya ?

SI TANK
Si Tank adalah orang selalu melakukan serangan verbal yang agresif. Tau tank kan ? "tidak ada yang luwes dalam pendekatan langsung yang dilakukan tank. Serangannya bisa total, frontal, ribut dan keras, atau bisa dengan intensitas diam dan ketepatan bedah sinar laser"
Intinya seseorang menjadi Si Tank ketika dia dihadapkan pada situasi untuk menyelesaikan masalah dengan cepat, dan anda menjadi penghalangnya. Entah karena dirasa terlalu lamban,tidak sesuai dengan instruksi tank, atau hal-hal lain yang dirasa kurang pas.


Cara menghadapinya :
Bersikaplah Bertahan : Biarkan Si Tank melepaskan pelurunya hingga habis, karena jika masih ada peluru dan kita menyerang balik bisa-bisa anda sendiri yang kena batunya. Misalnya dengan katakan "Hanya Itu ?", "Masih ada lagi ?" Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai seolah-olah anda tidak memperdulikan apa yang disampaikan Si Tank.
Hentikan Serangan : Langkah alternatif yang bisa dilakukan adalah menghentikan serangan. Misalnya dengan menyebutkan nama Si Tank berulang ulang. Tujuannya adalah untuk mendapatkan perhatian. Jika mengambil langkah ini jangan sampai Si Tank kembali menyerang...apapun yang terjadi lanjutkan hingga serangan berhenti. Contoh percakapannya :
"Joe, Joe, Joe"
"Jangan menyela! saya katakan..."
"Joe, Joe"
"Saya bilang, jangan kamu...."
"Joe, Joe..."
Dengan Cepat Ulangi Pokok-pokoknya : setelah mendapatkan perhatian ulangi apa tuduhan Tank terhadap anda. Ini menunjukkan anda hormat karena mendengarkan dengan baik.
Bidik inti masalahnya dan tembak : dalam menghadapi Tank bisa jadi berbeda pandangan antara anda dan Si Tank. Ketika hal tersebut terjadi, samakan dulu apa pokok permasalahannya kemudian arahkan kembali lalu berikan pandangan anda kepada Si Tank, bisa jadi Si Tank salah tanggap dengan apa yang anda lakukan...pepatah mengatakan ORANG MARAH ITU SAMA DENGAN BUTA.
Berdamai Secara Terhormat : ketika kita mendapatkan perhatian, lalu mendapatkan inti masalahnya dan Si Tank dapat meredakan tembakannya maka hal terakhir adalah mencari win-win solution agar anda dan Si Tank sama-sama puas.


Seseorang menjadi Si Granat ketika dia membutuhkan sebuah perhatian, namun yang anda lakukan justru membuat Si Granat merasa tidak dihargai sama sekali. Berbeda dengan Si Tank, Si Granat ini lebih mengungkapkan kemarahannya tanpa ada kendali bahkan alasannya dia marah kurang terlalu penting.

Langkah-langkah yang dapat ditempuh :
Dapatkan perhatian mereka : sama seperti ketika menghadapi Si Tank, dapatkan perhatian mereka dengan cara menyebutkan namanya.
Bidik Hatinya : tunjukkan bahwa anda secara tulus memperhatikan Si Granat ini, karena hanya hal tersebut yang bisa menghentikan ledakan selanjutnya. Katakan bahwa anda peduli dengan perasaan Si Granat, anda peduli juga dengan masalah yang sedang dihapinya.
Kurangi Intensitasnya : Jika bidikan anda tepat, biasanya Si Granat akan mengurangi kemarahannya. Jika hal ini terjadi mulailah bicara dengan volume yang lebih halus.
Berikan jeda sedikit : biasanya ketika Granat telah meledakkan diri, adrenalin masih mengalir deras di dalamnya. Ajaklah bernafas jika perlu.
Mencegah granat meledak kembali : temukan pin dari penyebab granat tersebut meledak. Tanyakan secara halus apa yang membuat dia marah. Biasanya dia akan menjawab "karena tidak ada satu orang pun yang mendengarkan/peduli dengan masalah saya". Jika hal ini terjadi kembali lagi bidik hatinya dengan menunjukkan bahwa hal tersebut tidaklah benar.


TULISAN BERJALAN INI SILAHKAN DIISI DENGAN PESAN ANDA

NAMA ANDA - 20.48
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Posting Komentar