Senin, 13 Juni 2011

Penyakit penyakit yang sering disepelekan namun sebenarnya bisa berakibat fatal

Senin, 13 Juni 2011

1. Influenza (Flu)

Influenza (flu) adalah suatu infeksi virus yang menyebabkan demam, hidung meler, sakit kepala, batuk, tidak enak badan (malaise) dan peradangan pada selaput lendir hidung dan saluran pernafasan.

Penyakit2 lanjutan yg diakibatkan oleh influenza :

1. Sinusitis jelas DR.Cita H. Murjantyo,sp.THT, dari RS Internasional bintaro adalah peradangan dari mukosa (selaput lendir) dari sinus paranasal.sinus pada anak biasanya hanya sinus adnoit yang terletak di antara dua mataserta sinus maxila yang terletak di pipi.sedangkan sinus frontal dan spenoid yang letaknya di daerah kening baru tumbuh di usia 7-8 tahun dan berkembang maksimal di usia 15-18 tahun.Tahapan pertumbuhan sinus,kata akan berpengaruh pada kenangannya.

2. infeksi saluran napas atas (ISPA), dan ada pula infeksi saluran napas bawah, atau sebagai kelanjutan dari ISPA. Serangan lanjutan ini biasanya lebih berat, hingga memerlukan penanganan khusus.

3. Sehabis flu, demam meninggi lagi, muncul sesak napas, dan batuk-batuk berlanjut. Bila flu tak menyembuh, dan makin memburuk, pikirkan kemungkinan sudah terjadi komplikasi. Kita menyebutnya infeksi superbugs.

4. Selain ke paru-paru, telinga tengah tak jarang menjadi sasaran. Kita tahu saluran penghubung telinga dengan rongga hidung (tuba eustachius) pada anak masih terbuka, sehingga infeksi di hidung dan tenggorokan sebagaimana lazimnya flu, akan mudah menjalar memasuki ruang telinga tengah lewat saluran itu. Karenanya, komplikasi flu acap berkomplikasi menjadi infeksi telinga tengah yang dapat menyebabkan ketulian (otitis media chronica) pada usia anak.

5. Pada anak flu berkelanjutan akan menderita penyakit asma,soalnya tenggorokan yang semula bekerja dengan baik fungsinya bisa memburuk akibat lendir yang terus - menerus berada di tenggorokan.

Jadi sesungguhnya komplikasi masih bisa dicegah dengan lebih mewaspadai kelanjutan flu yang mungkin terjadi. Yaitu bila demam muncul kembali, kondisi anak tampak lebih lemah dan lesu, jenis gejalanya bertambah, selain lendirnya juga berubah. Jangan tunggu komplikasi berkepanjangan. Segera minta bantuan dokter untuk membantu menghentikannya, agar komplikasi tidak berakhir buruk, atau sampai terjadi kematian.

2. Batuk

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Penyakit2 lanjutan yg diakibatkan oleh batuk :

1. gangguan pada lambung dan saluran makanan dekat lambung.

2. pembesaran jantung kiri.

3. radang menahun pada paru-paru dan salurannya (bronchus).

4. Bromida,yang dikandung sebuah obat batuk yang beredar di pasaran bisa mempengaruhi sistem saraf di otak,terutama fungsi daya ingat dan kognitif, sehingga menyembabkan kepikunan.

5. Anti histamin pada obat batuk merupakan anti alergi yang dipromosikan bisa membantu mengeringkan hidung dan melegakan pernafasan,ternyata bisa mengakibatkan saluran nafas menjadi kering dan nafsu makan berkurang.

3. Sakit Gigi

Sakit gigi adalah rasa nyeri pada gigi. Yg disebabkan oleh berbagai masalah pada gigi dan rahang, seperti karies gigi, gingivitis atau penyakit rahang, dan masih banyak lagi.

Penyakit2 lanjutan yg diakibatkan oleh sakit gigi :

1. gangguan jantung, karena kuman yang bersarang pada gigi yang berlubang bisa menembus ke pembuluh darah, dan akhirnya mengumpul di jantung.

2. Komplikasi yang relatif banyak terjadi akibat infeksi gigi adalah gangguan mata. Mata jadi cepat lelah dan terasa nyeri, khususnya pada bagian atas kelopak mata. Hal ini terjadi karena gigi dan mata memiliki induk syaraf yang sama.

3. Dalam kasus tertentu, seseorang juga bisa mengalami sakit kepala. Hal ini terjadi bila ada kelainan pada struktur rongga gigi. Kondisi ini sangat mungkin terjadi karena sistem pengunyahan terdiri atas empat komponen, yaitu gigi dan jaringan penyangga, tulang rahang, otot-otot dan sendi rahang.

4. Pada kerusakan gigi yang parah, bakteri dapat masuk ke aliran darah dan mengganggu sistem kekebalan tubuh. Sel sistem kekebalan tubuh yang rusak melepaskan sejenis protein yang disebut cytokines. Unsur ini menyebabkan kerusakan sel pankreas penghasil insulin, hormon yang memicu diabetes.

5. Stroke.

6. Kelahiran premature pada ibu hamil.

4. Sakit Kepala

Sakit Kepala atau yang dalam bahasa medisnya disebut Cephalalgia, adalah suatu kondisi sakit yang terletak di sekitar kepala, terkadang rasa sakit pada leher atau bagian atas leher juga disebut sakit kepala.

Penyakit2 lanjutan yg diakibatkan oleh sakit kepala :

1. Kehilangan berat badan. Kondisi ini bisa menyertai kanker, depresi, atau peradangan arteri temporalis.

2. Demam atau menggigil. Bisa menunjukkan adanya infeksi sistemik atau radang selaput otak.

3. Gangguan penglihatan. Bisa mengindikasikan suatu kelainan bola mata. Sebut saja glaucoma, migrein, atau proses dalam kepala yang melibatkan saraf atau penglihatan.

4. Mual dan muntah. Umumnya terjadi pada migrein dan sindroma sakit kepala pasca trauma.

5. Fotofobia. Bisa menonjol pada derita migrein, radang selaput otak akut, atau pendarahan sub araknoid.

6. Kehilangan kesadaran sesaat. Bisa terjadi pada migrein atau neuralgia glossofaringeal.

5.Maag

gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.

Penyakit2 lanjutan yg diakibatkan oleh maag :

1. Menurut penelitian beberapa ahli kesehatan, Maag kronis memang bisa menyebabkan kanker lambung (Stomach Cancer). Salah satu peneliti tersebut adalah Ingrid S. Waspodo, Beliau menyatakan bahwa salah satu penyebab Kanker lambung (Stomach Cancer) adalah Maag yang Kronis.

2. Maag menyebabkan perdarahan di lambung yang ditandai dengan nyeri yang sangat dan disertai muntah darah atau buang air besar berupa darah yang sudah menghitam. Bila dibiarkan terus maka lambung bisa bocor, luka akan menembus dinding lambung sehingga lambungnya berlubang. Darah akan masuk ke rongga perut dan mengakibatkan rasa nyeri yang sangat hebat. Keadaan ini bisa mengakibatkan kematian.

3. Hipersekresi asam lambung juga akan memicu percepatan waktu transit makanan dalam usus sehingga proses absorbsi berkurang dan menimbulkan diare.




TULISAN BERJALAN INI SILAHKAN DIISI DENGAN PESAN ANDA

NAMA ANDA - 20.41
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Posting Komentar